Apa Yang Menjadi Penyebab Seseorang Terlilit Hutang

Kali ini saya akan membahas tentang apa yang menjadi penyebab seseorang terlilit hutang. Karena bahasan kita kali ini, kaitannya memang dengan rejeki.

Salah satu masalah keuangan yang paling pelik, dan paling kerap menjerat orang, adalah terbelit hutang.

Saking peliknya, tak jarang masalah hutang ini sampai berdampak pada memburuknya kondisi kesehatan seseorang. Akibat stress memikirkan cara melunasi hutang-hutang tersebut.

Setidaknya, ada lima hal yang secara umum paling banyak menyebabkan orang terbelit hutang. Apa saja?

1. Kehilangan Tulang Punggung Keluarga

Terutama, bila tulang punggung keluarganya ini meninggalkan tanggungan hutang atau bahkan utang kartu kredit yang masih berjalan, dan tidak dilindungi oleh asuransi.

Otomatis, hutang tersebut akan menurun pada ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan. Kadang kala juga terjadi, sebuah keluarga yang baru saja ditinggalkan oleh tulang punggungnya, kemudian terpaksa mencari pinjaman untuk mencukupi kebutuhan.

Sebab sumber pemasukan utama mereka, otomatis sudah tidak ada. Dari pinjaman inilah, kemudian hutang tersebut membelit.

2. Karena Kehilangan Pekerjaan.

Terutama dalam kondisi-kondisi krisis, dimana banyak perusahaan terpaksa merumahkan sejumlah tenaga kerja. Kondisi ini akan menyebabkan karyawan yang dirumahkan menjadi kesulitan untuk melunasi hutang yang masih berjalan.

Sehingga ia pun mulai menunggak tagihan dan terbelit hutang. Dalam situasi semacam ini, maka hal pertama yang perlu kita lakukan, tentunya adalah mencari pekerjaan baru. Agar memiliki sumber pemasukan kembali, untuk melunasi hutang yang tertunggak tadi.

3. Tertimpa Musibah

Penyebab terbelit hutang yang ketiga, adalah tertimpa musibah. Termasuk dalam musibah yang dimaksud ini, adalah penyakit atau kecelakaan. Dana yang dihabiskan dalam biaya kesehatan, umumnya memang lumayan besar. Sehingga tidak jarang orang terpaksa berhutang untuk membayar biaya tersebut.

Akibatnya, setelah sehat dan keluar dari rumah sakit pun, hutang ini tetap ada dan perlu diselesaikan.

4. Bisnis Yang Gagal

Untuk memulai suatu bisnis, tentu saja diperlukan modal. Dan nilai modal ini, umumnya memang besar. Modal yang besar, tidak jarang diperoleh orang dengan jalan mencari pinjaman.

Padahal seharusnya, kita perlu mengupayakan agar pinjaman, hanya dipakai untuk mengembangkan bisnis. Bukan untuk memulainya. Akibatnya, ketika bisnis berjalan kurang lancar, pengusaha akan terbelit hutang secara perlahan. Yang jumlahnya tentu saja, tidak sedikit.

5. Gaya Hidup Yang Melebihi Kemampuan

Ibaratnya mengeluarkan uang jauh lebih banyak, dari yang bisa dihasilkan. Ini merupakan sesuatu yang tidak bijak, dan saya harapkan tidak sampai terjadi pada Anda. Maka baik-baklah mengelola keuangan, dan upayakan untuk hanya mengeluarkan sebagian kecil dari apa yang kita hasilkan setiap bulannya.

Demikianlah 5 penyebab yang menjadikan seseorang terbelit hutang. Untuk itu sebaiknya Anda menjauhi ke 5 ciri diatas. Jika Anda sudah terlanjur terlilit hutang, ada sarana khusus untuk Anda supaya membantu memperlancar rejeki Anda. Namanya mustika solusi hutang.