5 Cara Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Memiliki status sebagai karyawan tidak selalu menjamin kondisi keuangan benar-benar tercukupi. Terkadang Anda juga merasa bahwa gaji yang diperoleh tidak cukup untuk biaya hidup selama sebulan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memutar otak dengan mencari tambahan penghasilan. Berikut 5 cara mencari penghasilan tambahan untuk karyawan yang menjanjikan:

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Online

1. Bisnis Online

Bisnis online menjadi salah satu solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tanpa mengganggu rutinitas sebagai seorang karyawan karena waktunya yang fleksibel. Anda bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki untuk menghasilkan pundi-pundi uang, misalnya dengan menjadi freelancer desain grafis atau menjual jasa menggambar karikatur.

Contoh bisnis online lainnya yang bisa Anda coba, yaitu menjadi reseller atau dropshipper berbagai produk, mulai dari fashion, makanan, dan lain sebagainya. Anda cukup memposting foto produk dari supplier yang dapat dipercayai.

Untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan, Anda bisa melakukannya dari mulut ke mulut atau memanfaatkan berbagai platform marketplace dan akun media sosial yang dimiliki.

2. Menjadi Blogger atau Selebgram

Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan online yaitu dengan menjadi seorang blogger atau selebgram. Tidak melulu hanya soal tulisan saja, blogger ada beberapa macam seperti beauty vlogger, food blogger, atau travel blogger yang memanfaatkan keahlian fotografi atau edit video.

Bagi yang gemar travelling di sela waktu liburan kerja, Anda bisa mencoba menjadi seorang travel blogger. Bagikan informasi dan review mengenai tempat-tempat wisata recommended yang pernah dikunjungi.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menjadi selebgram dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki. Dengan bermodalkan smartphone, internet, keahlian mereview produk, dan jumlah followers yang banyak, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari endorsement.

3.   Membuka Kursus Online

Cara lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi karyawan yang bisa dilakukan di rumah, yaitu membuka kursus online sesuai dengan keahlian yang Anda kuasai. Misalnya, Anda memiliki keahlian bermain gitar dan menguasai tekniknya dengan baik, maka Anda bisa membuka jasa kursus online belajar gitar untuk mendapat tambahan penghasilan.

Untuk penentuan waktu kursus online juga sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan keinginan. Sehingga tidak akan mengganggu jam kerja kantor atau perusahaan tempat Anda bekerja.

4.   Investasi

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah yaitu dengan cara berinvestasi. Ada banyak pilihan investasi yang bisa Anda coba, seperti investasi emas, reksadana, investasi saham, obligasi, dan lain sebagainya. Hasil dari instrumen investasi inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai passive income yang menjanjikan.

Bagi yang masih pemula dalam berinvestasi, Anda bisa memilih produk investasi dengan toleransi risiko yang rendah seperti reksa dana atau tabungan emas. Namun, perlu diketahui juga bahwa semakin tinggi risiko, maka semakin besar juga imbal hasil yang Anda peroleh.

Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman secara mendalam agar investasi Anda bisa optimal dan menguntungkan.

5.   Driver Online

Maraknya transportasi online belakangan ini juga bisa dijadikan sebagai peluang mencari penghasilan tambahan untuk karyawan. Pekerjaan sampingan ini cocok bagi Anda yang ingin mencari suasana baru dan suka bekerja di lapangan. Jika hanya sebagai sampingan saja, Anda tidak perlu mengejar target dan melakukannya setiap pulang kerja atau saat libur untuk menambah penghasilan.

Kelima cara mencari penghasilan tambahan untuk karyawan di atas bisa menjadi pilihan, terutama bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang. Apabila dijalani dengan tekun dan konsisten, tidak menutup kemungkinan pendapatan dari pekerjaan sampingan justru lebih besar dibandingkan pendapatan dari pekerjaan utama Anda.