Bisakah Hutang Lunas Dengan Cepat?

Bahasan kita kali ini, kaitannya adalah seputar hutang. Lebih tepatnya, kita akan membahas tentang bagaimana caranya melunasi hutang dengan cepat.

Sebelumnya, perlu saya ingatkan dan tekankan dulu, bahwa cara cepat untuk mendatangkan uang secara ajaib itu, tidak ada. Entah itu yang disebut dengan dana gaib, dana hibah, ataupun uang gaib, disini tidak menyediakan.

Aliran saya aliran putih, dan di bagian deskripsi nanti akan saya tuliskan, amalan khusus untuk membantu memperlancar pelunasan hutang.

Tetapi selain mengamalkan amalan tersebut, maka berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan, untuk membantu melunasi hutang dengan lebih cepat.

Yang pertama, kita harus mutlak hidup hemat. Tidak boleh menuruti keinginan, bertindaklah sesuai kebutuhan saja. Semua pengeluaran yang masih bisa ditunda, atau tidak terlalu mendesak, coretlah sekarang juga.

Tidak boleh lagi jajan di luar, belanja pakaian, makan di restoran, nongkrong di café, atau bepergian ke luar kota. Biasakan hidup hemat dengan memasak makanan di rumah, membawa bekal makan siang ke kantor, dan jangan berfoya-foya dalam bentuk apapun.


Baca Juga :


Yang kedua, hentikan penggunaan kartu kredit Anda. Jangan memperberat tagihan yang sudah ada, dengan hutang baru yang semakin banyak. Lebih baik tutuplah kartu kredit Anda, daripada beresiko membuat Anda semakin terbelit ke depannya.

Yang ketiga, carilah pekerjaan sampingan. Terutama bagi Anda yang mengandalkan gaji rutin, untuk membayar tanggungan.
Dengan memiliki pekerjaan sampingan, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. Manfaatkan keterampilan dan keahlian Anda, misalnya dengan menjadi penulis lepas, fotografer lepas, atau driver online.

Yang keempat, gadaikan barang untuk membuka usaha. Misalnya dengan menjual pakaian secara online, memulai bisnis kuliner, atau usaha lain yang sifatnya menghasilkan. Jangan membuka usaha dengan modal pinjaman. Lebih baik gadaikan apa yang saat ini masih Anda miliki.

Yang kelima, juallah semua barang yang tidak terpakai. Daripada menumpuk di rumah dan memenuhi ruangan. Jaman sekarang, kita bisa dengan mudah menjual barang bekas lewat marketplace atau media sosial. Manfaatkan itu, dan juallah semua barang yang sekiranya sudah tidak lagi Anda perlukan.

Kelima cara inilah, yang dapat kita terapkan untuk membantu melunasi hutang dengan lebih cepat. Memang tidak seketika, tetapi setidaknya kita berusaha untuk melunasinya. Dan untuk ke depannya, semoga situasi ini bisa menjadi pengalaman bagi kita.

Namanya punya hutang memang tidak enak, menjadikan hidup tidak nyaman, dan setiap saat kepikiran. Sehingga sebisa mungkin, kita jauhkan hidup kita dari belenggu hutang. Terutama hutang yang disebabkan gaya hidup berlebihan. Akhir kata, dari saya cukup sekian. Semoga berkah dan bermanfaat untuk Anda.