Cara Cepat Terbebas dari Jeratan Hutang

Ketika seseorang terjerat hutang dan mengalami kesulitan dalam melunasinya, pada umumnya mereka akan mengajukan hutang lain untuk melunasi hutang sebelumnya. Lingkaran setan tersebut biasanya akan menghantui kehidupan mereka. Jangan sampai hal ini juga terjadi pada Anda. Untuk menghindarinya, Anda harus tahu cara melunasi hutang.

Daftar Cara Terbebas dari Hutang

Jeratan hutang sangatlah mengerikan. Selain membuat kondisi keuangan tak karuan, hutang juga akan membuat mereka yang mengalaminya merasa tertekan. Hal ini biasanya juga akan menyebabkan hubungan yang kurang harmonis antara mereka dengan pasangan dan keluarga. Oleh karenanya, jika memiliki banyak hutang, Anda harus segera melakukan langkah besar untuk terbebas darinya.

1. Jual Aset atau Barang yang Tidak Penting

Apabila saat ini masih memiliki aset yang bisa dijual, misalnya emas atau kendaraan, maka sebaiknya Anda menjualnya untuk melunasi sebagian atau semua hutang yang ada. Beberapa orang mungkin akan merasa sayang dan sedih karena harus berpisah dengan aset kesayangan mereka.

Akan tetapi, hal ini lebih baik daripada terjerat hutang puluhan hingga ratusan juta rupiah. Selain aset yang bernilai besar, Anda juga dapat menjual benda-benda yang tidak diperlukan atau tidak penting, misalnya alat elektronik. Dengan demikian, Anda akan memiliki uang ekstra untuk membayar hutang.

2. Take Over Kredit

Kredit bernilai besar yang memberatkan, misalnya KPR dan kredit kendaraan, sebaiknya segera dihilangkan jika Anda mengalami kesulitan untuk membayar cicilannya. Salah satu cara paling cepat untuk terbebas dari hutang besar tersebut adalah dengan melakukan take over kredit atau menjual rumah/kendaraan yang masih dalam masa kredit.

Dengan menjual aset yang belum lunas tersebut, Anda dapat memperoleh sejumlah uang cash. Selain itu, take over kredit juga menghentikan kewajiban Anda untuk melunasi hutang berjumlah besar ini. Cara ini sebaiknya ditempuh sebelum bank melakukan penyitaan

Agar proses take over kredit ini berjalan dengan lancar, sebaiknya Anda mengkomunikasikannya terlebih dahulu kepada pihak pemberi kredit. Sehingga, Anda tidak akan mendapat tagihan meski rumah/kendaraan yang masih dalam masa kredit sudah dilimpahkan kepada orang lain.

3. Kurangi Pengeluaran

Salah satu cara cepat melunasi hutang adalah dengan mengurangi pengeluaran. Mulai sekarang juga, Anda harus dapat mengatur skala prioritas, yaitu mana yang harus dibeli atau dibayar dan mana yang tidak perlu dibeli.

Dengan mengetahui skala prioritas tersebut, Anda dapat mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Di samping itu, Anda harus memiliki disiplin dan kontrol diri yang baik. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah termakan iming-iming diskon atau cicilan murah.

Jika Anda berhasil mengurangi pengeluaran, maka Anda akan memiliki lebih banyak uang yang tersisa dari penghasilan. Sehingga, Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk melunasi hutang.

4. Cari Tambahan Penghasilan

Agar dapat melunasi hutang dengan lebih cepat, sebaiknya Anda berusaha untuk mencari tambahan penghasilan. Di era modern ini, akan lebih mudah mencari tambahan penghasilan, misalnya dengan berjualan online dan menjadi reseller. Pekerjaan sampingan ini tidak membutuhkan banyak modal dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Dari hasil penjualan tersebut, Anda dapat mengumpulkan semua keuntungan untuk melunasi hutang. Dalam melakukan pekerjaan sampingan tersebut, Anda harus pandai mengatur waktu. Dengan demikian, pekerjaan utama Anda tidak akan terganggu.

Melalui semua cara terbebas dari hutang di atas, hidup pasti akan terasa lebih tentram dan damai untuk dijalani. Setelah berhasil melunasi hutang, maka Anda harus menghentikan kebiasaan belanja dengan cara kredit. Selain itu, Anda juga perlu menabung untuk dana darurat agar dapat memenuhi kebutuhan mendadak tanpa harus berhutang.