Cara Menghentikan Kebiasaan Berhutang, Dijamin Berhasil

Bahasan kita kali ini, kaitannya adalah dengan hutang. Namanya hutang, itu adalah sesuatu yang sangat tidak menyenangkan. Bahkan bikin kapok. Oleh karena itu, sebelum terbelit terlalu jauh, ada baiknya kita menghentikan kebiasaan berhutang dari sekarang.

Itulah yang akan kita bahas kali ini. Kita akan membahas, seputar apa saja cara sederhana yang bisa kita lakukan, untuk menghentikan kebiasaan berhutang.

1. Buat Daftar Penghasilan dan Beban Setiap Bulan

Cara pertama, terlebih dulu buatlah daftar penghasilan dan beban setiap bulan. Jadi Anda tahu benar, berapa yang Anda hasilkan, dan berapa yang mesti dikeluarkan dalam satu periode keuangan.

Termasuk dalam beban pengeluaran adalah biaya makan, transportasi, tempat tinggal, listrik, air, biaya hiburan, dan lain-lain. Pastikan jumlah pengeluaran ini lebih rendah dari penghasilan Anda di bulan yang bersangkutan.
Sebab memiliki penghasilan yang lebih besar dari jumlah pengeluaran, merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar terbebas dari jeratan hutang.

2. Membuat Anggaran Bulanan

Cara kedua, adalah membuat anggaran bulanan. Dan mematuhinya sebaik mungkin. Jika Anda sudah tahu, berapa penghasilan Anda, dan berapa pengeluaran Anda setiap bulan, maka selanjutnya buatlah anggaran.

Anggaran ini berfungsi untuk mengendalikan pengeluaran setiap bulan, dan membantu Anda melacak aliran uang keluar. Bila terjadi masalah pada pengeluaran, maka mulailah memperbaiki kebiasaan berbelanja. Dan berhemat mulai sekarang.

Bila pengeluaran sudah dibatasi dan masih terdapat masalah, maka itu artinya Anda perlu meningkatkan jumlah penghasilan Anda setiap bulan. Entah itu dengan memulai bisnis sampingan, atau mengambil jam lembur.


Baca Juga :


3. Berhenti Dari Kebiasaan Belanja Berlebihan

Cara ketiga, mulailah menghentikan kebiasaan belanja yang berlebihan. Apalagi, bila kebiasaan belanja Anda ini dibiayai dengan kartu kredit. Sebisa mungkin, tinggalkanlah kartu kredit Anda di rumah. Biasakan berbelanja dengan menggunakan uang tunai, atau kartu debit. Untuk membatas jumlah pengeluaran yang berlebih.

4. Simpan Dana Untuk Kebutuhan Darurat

Cara keempat, simpanlah dana untuk kebutuhan darurat. Banyak orang mengandalkan berhutang untuk memenuhi pengeluaran yang tidak terduga. Padahal, jika Anda memiliki dana darurat, maka Anda tidak perlu lagi berhutang untuk memenuhi kebutuhan darurat yang mungkin muncul.

Dana darurat ini, jumlahnya berapa? Jumlah dana darurat, idealnya adalah sebesar 6 kali biaya hidup yang Anda keluarkan setiap bulan.

5. Menemukan Cara Untuk Menambah Uang

Cara kelima, temukanlah cara untuk menambah uang, guna membantu pelunasan hutang. Mulailah dari hal-hal yang sederhana dulu. Misalnya, berhenti berlangganan TV kabel yang memang jarang digunakan. Mulai berolahraga di rumah saja, jadi Anda tidak perlu membayar keanggotaan gym. Atau juallah barang-barang yang tidak lagi Anda perlukan.

Semakin banyak pengeluaran yang bisa Anda hapus, maka semakin besar pula jumlah uang yang bisa Anda gunakan untuk melunasi hutang saat ini. Itu artinya akan semakin cepat pula Anda terbebas dari jeratan hutang.

6. Menyusun Prioritas Keuangan

Lalu cara keenam, setelah terbebas dari jeratan hutang, maka ini saatnya Anda menyusun prioritas keuangan di masa depan. Mulailah menyiapkan dana untuk biaya pendidikan anak, melunasi rumah, biaya renovasi, dan lain sebagainya.

Anda juga harus mulai menghemat penghasilan untuk mempersiapkan dana darurat, yang jumlahnya sudah saya sebutkan tadi. Yaitu sebesar 6 kali biaya hidup Anda per bulan.

Keenam cara ini, ikutlah secara disiplin. Agar bisa lekas terlepas dari kebiasaan berhutang, yang seringkali menyesakkan, dan hanya akan disesali belakangan.