Ciri Anda Mulai Terbelit Hutang

Bahasan kita kali ini, kaitannya adalah seputar keuangan. Tepatnya, soal hutang. Saya yakin kita semua setuju, bahwa hutang adalah sesuatu yang memusingkan. Tetapi masalahnya, seringkali orang tidak sadar, bahwa kondisi finansialnya tidak lagi memungkinkan.

Kadang orang cenderung mengacuhkan semua pertanda, sehingga tahu-tahu sudah terbelit begitu saja. Itulah mengapa, kali ini kita akan membahas tentang apa saja tanda-tandanya, bila hutang mulai membelenggu keuangan kita.

Harapan saya, agar situasi keuangan semacam ini bisa Anda kenali lebih cepat, bisa Anda sadari lebih dini, sehingga bisa ditangani dengan segera. Tidak perlu menunggu sampai kita terlanjur terpuruk, dan tidak lagi punya apa-apa.

Beberapa pertanda, yang perlu Anda waspadai terkait kondisi keuangan, yang pertama adalah Anda tidak memiliki tabungan. Sama sekali. Ibaratnya jika terjadi hal mendadak besok pagi, Anda tidak tahu harus mengambil dana dari mana.

Lalu yang kedua, bagi Anda pemilik kartu kredit, Anda hanya mampu melakukan pembayaran minimum, pada tagihan kartu kredit setiap bulan. Ini juga perlu diwaspadai, karena dewasa ini, hutang paling banyak terjadi, ya karena penyalahgunaan kartu kredit.

Ibaratnya ketika ditawari kartu kredit, kita dikejar-kejar. Dan ketika kita tidak bisa bayar, dikejar-kejar juga.

Yang ketiga, Anda terus memakai kartu kredit, padahal di saat yang sama, Anda masih berjuang untuk melunasi tagihan yang ada.

Pertanda keempat, Anda memiliki satu atau bahkan lebih kartu kredit, yang sudah hampir mendekati, atau melebihi batas kreditnya.

Pertanda kelima, Anda sering terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan rutin. Termasuk tagihan listrik, air, telepon, dan biaya bulanan lain.

Pertanda keenam, Anda tidak tahu dengan pasti, berapa jumlah total hutang yang saat ini Anda miliki. Ini tandanya, bahwa utang Anda sudah berjumlah terlalu besar.

Lalu pertanda ketujuh, adalah ketika Anda mengajukan pinjaman ke bank, permohonan Anda ditolak. Ini merupakan suatu pertanda bahwa kondisi keuangan Anda sudah tidak baik. Dan di titik ini, tidak sebaiknya Anda menambah pinjaman, dalam bentuk apapun, sejumlah berapapun, kepada pihak manapun.

Seringnya, meskipun ketujuh pertanda ini sudah terjadi pada seseorang, orang tersebut tetap lena. Ia tahu bahwa di dalam hatinya ia sudah bermasalah dengan hutang, tetapi baginya tetap lebih mudah untuk menyangkal keberadaan masalah tersebut.

Sehingga tahu-tahu, kondisi sudah semakin memburuk. Penagih sudah mengejar-ngejar, asset habis terjual, dan semua orang di sekeliling Anda pun mendengar, bahwa Anda terbelit hutang. Kalau sudah seperti ini, akan sulit sekali bagi Anda untuk mendapatkan bantuan.

Karena itu, kenalilah gejalanya dari awal, bersiap sebaik mungkin, dan pastikan kita tidak melakukan pengeluaran apapun yang tidak sanggup kita bayar secara kontan.