Ini Solusi Melunasi Hutang Secara Kilat, Mau Tahu Rahasianya?

Gaya hidup yang konsumtif dan kebiasaan membeli barang dengan cara kredit dapat membuat orang terlilit hutang. Padahal, hutang dapat menyebabkan berbagai dampak negatif. Beberapa di antaranya adalah tidak tercapainya financial goals anda dan berakibat buruk terhadap kesehatan mental dan fisik. Lalu, apakah mungkin ada solusi hutang lunas 1 hari?

Solusi Melunasi Hutang Secara Kilat

Melunasi hutang dalam 1 hari memang terdengar mustahil. Kemustahilan ini tentu saja akan semakin meningkat jika hutang yang Anda miliki jumlahnya besar. Jadi, bisa disimpulkan bahwa melunasi hutang dalam waktu 1 hari sulit untuk dilakukan kecuali jika jumlah hutang anda relatif kecil.

Meski demikian, Anda dapat berusaha melunasi hutang dengan lebih cepat jika melakukan tips yang tepat.

1. Melunasi Hutang yang Berjumlah Besar

Semakin Anda menunda pelunasan hutang, maka akan semakin besar bunga kredit yang harus dibayarkan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melunasi hutang yang berjumlah besar terlebih dahulu jika mampu. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh keringanan bunga hutang.

Di samping itu, melunasi hutang yang lebih besar juga akan sangat meringankan beban keuangan anda. Akan tetapi, jika Anda tidak mampu melunasinya dan hanya mampu melunasi hutang yang berjumlah kecil, maka lunasilah hutang yang sifatnya ringan tersebut. Sehingga, Anda dapat lebih fokus dalam melunasi hutang yang lebih besar karena hutang lain telah lunas.

2. Rencanakan Anggaran

Perencanaan anggaran yang baik dapat membantu Anda melunasi hutang dengan cepat. Melalui perencanaan ini, Anda dapat mengalokasikan dana khusus untuk mengangsur atau melunasi hutang. Jika penghasilan tidak cukup banyak, maka melalui anggaran ini Anda dapat berusaha mengurangi pengeluaran sehingga masih memiliki sisa uang untuk membayar hutang.

3. Ubah Gaya Hidup

Salah satu solusi lunas hutang yang jitu adalah mengubah gaya hidup. Jika sebelumnya Anda suka berbelanja, maka mulai sekarang harus mengubahnya. Sebaiknya, Anda hanya membeli barang yang dibutuhkan saja. Dengan demikian, Anda dapat memiliki sisa uang untuk membayar hutang atau menabung dana darurat.

Apabila suka membeli barang dengan kredit, maka Anda harus mengubah kebiasaan ini. Cara ini memang terkesan lebih murah karena barang yang Anda beli dapat dibayar dengan cara dicicil. Namun, bunga kreditbya dapat memberatkan Anda. Selain itu, semakin banyak barang yang Anda beli dengan cara ini maka semakin banyak pula hutang yang harus dibayar.

Hal yang tak kalah penting adalah mengubah gaya hidup glamor menjadi gaya hidup sederhana. Dalam menjalani gaya hidup ini, Anda hanya boleh membeli apa yang mampu dibeli. Selain itu, jangan terlalu berlebihan dalam menjalani aspek kehidupan apapun, entah itu sandang, pangan, maupun papan.

4. Berdoa dan Sedekah

Jika telah melakukan usaha-usaha tersebut, Anda tidak boleh lupa untuk berdoa dan sedekah. Sedekah memang akan mengurangi harta yang Anda miliki. Akan tetapi, amalan ini sebenarnya akan memperkaya Anda di masa depan. Sehingga, Anda akan mampu melunasi hutang.

Di samping itu, doa juga memiliki kekuatan yang tak terkira. Doa yang dipanjatkan dengan khusyuk dan sungguh-sungguh pasti akan mengubah hidup Anda. Dan jika Tuhan menghendaki, Tuhan akan mengabulkan doa dan memberi Anda rezeki dari tempat yang tak disangka. Sehingga, suatu saat nanti Anda bisa melunasi hutang hanya dalam waktu 1 hari.

Untuk menghindari dampak negatif dari berhutang, mau tak mau Anda harus segera melunasinya dengan solusi lunas hutang di atas. Setelah semua hutang telah lunas, Anda harus mengubah gaya hidup dan kebiasaan dalam kegiatan berbelanja. Sehingga, Anda tidak akan kembali terjerat hutang di masa mendatang.