Segala Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang khusus disisihkan untuk membiayai kebutuhan darurat atau mendesak, misalnya sakit dan kehilangan pekerjaan. Setiap orang perlu memiliki dana darurat. Sehingga, saat kebutuhan mendesak ini muncul, Anda tidak mengalami kesulitan keuangan. Dengan demikian, Anda harus tahu cara mengumpulkan dana darurat agar dapat mulai menabungnya dari sekarang

Cara Mengumpulkan Dana Darurat, Besaran, dan Tempat Menyimpannya

Saat ini, masih banyak orang yang belum menyadari tentang pentingnya memiliki dana darurat. Jika belum memilikinya, Anda dapat memulai mengumpulkannya saat ini juga. Hal ini karena tidak ada kata terlambat untuk melakukannya.

1. Tips Mengumpulkan Dana Darurat

Beberapa orang mengalami kesulitan dalam mengumpulkan dana darurat. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengikuti tips berikut.

· Rencanakan Anggaran dan Sisihkan Penghasilan untuk Menabung Dana Darurat

Perencanaan anggaran bulanan merupakan salah satu langkah penting dalam mengumpulkan dana darurat. Dengan membuat anggaran, Anda dapat menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung sebagai dana darurat. Sebaiknya, Anda menetapkan target jumlah uang yang harus ditabung setiap bulan.

· Tabung THR dan Bonus untuk Dana Darurat

Jika nilai dana darurat masih sedikit, Anda dapat meningkatkannya secara signifikan dengan cara menabung THR dan bonus. Apabila Anda tidak dapat menabung seluruh THR dan bonus tersebut, maka setidaknya harus menyisihkan 50% dari penghasilan ini untuk dana ini.

· Mengurangi Hutang

Beberapa orang memiliki terlalu banyak cicilan sehingga mereka tidak sempat menabung dana darurat. Oleh sebab itu, Anda harus berusaha mengurangi hutang misalnya dengan menjalani gaya hidup sederhana dan segera melunasi hutang yang ada. Sehingga, Anda memiliki uang untuk ditabung.

· Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila penghasilan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar, maka Anda sebaiknya mencari penghasilan tambahan untuk ditabung. Dengan demikian, sedikit demi sedikit Anda dapat mengumpulkan dana darurat.

2. Nilai Dana Darurat yang Harus Dimiliki

Dana darurat sebaiknya berapa? Pertanyaan ini pasti pernah terlintas di kepala anda ketika merencanakan dana darurat. Jawaban untuk pertanyaan ini tergantung pada status setiap orang.

  • Untuk mereka yang masih lajang, maka dana darurat yang harus disiapkan adalah 4 x pengeluaran per bulan.
  • Untuk mereka yang sudah menikah namun belum memiliki anak, maka nilai dana darurat yang harus dimiliki adalah 6 x pengeluaran per bulan.
  • Untuk mereka yang telah menikah dan memiliki 1 anak, dana darurat yang perlu dimiliki adalah 9 x pengeluaran bulanan.
  • Untuk mereka yang telah menikah dan mempunyai 2 anak atau lebih, besaran dana darurat yang dimiliki adalah 12 x pengeluaran per bulan.
  • Bagi wirausaha dan freelancer, dana yang harus disiapkan adalah 12 x pengeluaran bulanan.

Dengan memiliki dana darurat dalam nilai tersebut, tidak perlu terlalu khawatir jika Anda dan keluarga membutuhkan dana mendesak. Selain itu, dana tersebut dapat membantu Anda untuk bertahan hidup ketika kehilangan pekerjaan.

3. Di mana Menyimpan Dana Darurat?

Penyimpanan dana darurat harus dilakukan pada tempat yang tepat. Hal ini karena dana tersebut harus dapat segera dilikuidasi. Lalu dana darurat sebaiknya disimpan dimana? Agar tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mencairkannya, Anda bisa menyimpannya di beberapa tempat yang tepat di bawah ini:

  • Di rekening tabungan biasa yang dapat diambil kapan saja.
  • Di rekening deposito berjangka.
  • Menyimpan dana darurat dalam bentuk emas.

Kini setelah mengetahui cara mengumpulkan dana darurat, besaran nilainya, dan dimana tempat menyimpannya, Anda dapat segera membuat perencanaan dana tersebut. Perencanaan yang baik dapat membantu Anda memiliki dana darurat meski sedikit terlambat dalam mengumpulkannya.