Tips Hidup Ini Memberi Pelajaran Agar Tidak Terlilit Hutang

Berhutang sering dijadikan solusi oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup mereka, misalnya untuk membeli kendaraan atau rumah, traveling, dan berbelanja. Jika tidak bijak dalam melakukannya, Anda akan memiliki terlalu banyak cicilan sehingga kondisi keuangan mengalami masalah. Untuk itu, Anda harus tahu cara agar tidak terlilit hutang.

Tips Hidup Bebas Hutang

Memiliki terlalu banyak hutang akan sangat membebani kehidupan anda. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menghindari kebiasaan berhutang dengan cara-cara di bawah ini.

1. Buat Anggaran Bulanan

Hal penting yang harus Anda lakukan agar terbebas dari hutang adalah membuat anggaran bulanan. Ketika membuatnya, Anda harus mencatat gaji dan semua pengeluaran, misalnya biaya listrik, transportasi, biaya makan, dan tempat tinggal.

Total pengeluaran tersebut harus lebih rendah dari gaji yang Anda peroleh setiap bulan. Dengan demikian, Anda dapat menyisihkan uang untuk menabung. Agar pengeluaran tidak lebih besar dari penghasilan, Anda harus pandai mengatur skala prioritas kebutuhan.

2. Kurangi Belanja yang Tidak Perlu

Beberapa orang sering tergoda untuk berbelanja barang yang tidak terlalu dibutuhkan karena barang tersebut sedang diskon. Jika menuruti godaan ini, maka pengeluaran Anda pasti akan membengkak. Sehingga, Anda tidak dapat menyisihkan cukup uang untuk menabung.

Selain itu, Anda juga harus menghindari belanja menggunakan kartu kredit. Cara belanja ini, biasanya mendorong orang untuk berbelanja secara tak terkendali. Dengan demikian, belanja ini akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan, apalagi jika Anda menunda pembayaran tagihan kartu tersebut.

3. Jalani Gaya Hidup Sederhana

Hal yang paling penting untuk dilakukan agar Anda dapat hidup tanpa hutang adalah dengan menjalani gaya hidup sederhana. Kunci gaya hidup ini adalah melakukan apa yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Contohnya, saat ini Anda memiliki mobil yang masih bagus meski bukan keluaran terbaru. Karena menjalani gaya hidup sederhana, maka Anda tidak perlu tergiur untuk membeli mobil keluaran baru yang lebih stylish dan keren. Jika mobil yang saat ini sudah mulai sering rusak, barulah Anda membeli yang baru.

Gaya hidup sederhana mungkin akan memaksa Anda untuk mengurangi traveling, tinggal di rumah yang lebih sederhana, dan tidak memiliki gadget keluaran terbaru. Meski demikian, gaya hidup ini akan memungkinkan Anda untuk terhindar dari hutang yang tidak perlu.

4. Menabung

Salah satu hal yang sering mendorong seseorang untuk berhutang adalah kebutuhan mendesak yang harus segera dibayar. Hal ini dapat disiasati dengan cara menabung. Jika Anda rutin menabung setiap bulan, maka Anda tidak perlu berhutang jika ada kebutuhan mendesak. Misalkan kebutuhan ini sangat besar, tabungan tersebut dapat meringankan hutang Anda.

Menabung untuk dana darurat ini sangat penting dilakukan. Beberapa perencana keuangan menganjurkan masyarakat untuk memiliki dana darurat yang besarnya 6 kali biaya hidup mereka tiap bulan. Jika Anda telah memiliki dana darurat sebesar itu, maka dana tersebut jangan diutak atik dan jika mampu malah ditambah.

5. Cari Tambahan Uang untuk Membayar Hutang

Apabila saat ini sudah terlanjur memiliki hutang, maka sebaiknya Anda mencari tambahan penghasilan. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan penghasilan tersebut untuk melunasi hutang Anda dengan segera.

Jika hal ini tidak memungkinkan, maka Anda harus mencoret beberapa hal yang tidak perlu dalam anggaran pengeluaran. Contohnya, Anda harus berhenti langganan TV kabel, berhenti menjadi anggota gym dan menjual kendaraan yang jarang dipakai. Dengan demikian, Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk melunasi hutang.

Apabila disiplin dalam menjalani tips agar tidak terlilit hutang tersebut, Anda pasti dapat hidup dengan lebih tentram karena tidak perlu memikirkan cicilan. Pada awalnya, langkah-langkah tersebut mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan. Namun, lambat laun Anda pasti akan terbiasa melakukannya.